Bank BTN Perbankan

Bank BTN Adalah? Berikut Profil, Produk, dan Layanan Bank

Juni 15, 2023
0 Komentar
Beranda
Bank BTN
Perbankan
Bank BTN Adalah? Berikut Profil, Produk, dan Layanan Bank

Seperti yang sudah Anda ketahui, banyak jenis bank yang beroperasi di Indonesia seperti BRI, BCA, BNI, BSI, Mandiri, hingga BTN. BTN adalah Bank Tabungan Negara yang termasuk ke dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkomitmen untuk mendukung pembiayaan sektor perumahan. 

Keberadaan bank dalam suatu negara berperan penting untuk membantu masyarakat mengurus masalah perekonomian maupun finansial. Bank menghadirkan berbagai layanan yang bermanfaat bagi para nasabahnya untuk melakukan proses transaksi secara tunai maupun virtual.

Profil Bank BTN Adalah?

BTN adalah jasa yang bergerak di bidang perbankan. Perlu Anda ketahui, bahwa profil bank BTN telah melalui perjalanan sejarah yang cukup lama yaitu mulai dari zaman Belanda hingga sekarang. 

1. Tahun 1897-1950

Pada tahun 1897, didirikan Postspaarbank di Batavia. Beralih dari masa Belanda, Bank BTN pada masa pemerintahan Jepang yang tadinya bernama Postpaarbank berganti nama menjadi Tyokin Kyoku pada 1 April 1942. 

Ketika Indonesia sudah merdeka, Tyokin Kyoku diambil alih oleh pemerintah Indonesia. Nama Tyokin Kyoku berubah menjadi Kantor Tabungan Pos RI. 

Pada tanggal 9 Februari 1950, Pemerintah mengganti namanya menjadi Bank Tabungan Pos. Saat itu, bank inilah yang menjadi satu-satunya lembaga tabungan di Indonesia. 

2. Tahun 1963-1994

Menurut Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No 4 tahun 1963 Lembaran Negara Republik Indonesia No 62 tahun 1963 tanggal 22 Juni 1963, Bank Tabungan Pos resmi beralih nama menjadi Bank Tabungan Negara (BTN). 

Awalnya, BTN sebuah unit namun telah berubah menjadi induk yang berdiri sendiri. BTN pertama kali merealisasikan Kredit Pemilikan Rumah alias KPR pada tahun 1976. Sedangkan obligasi pertamanya keluar pada tahun 1989. 

Status Bank BTN berubah menjadi PT. Bank Tabungan Negara pada tahun 1992. Lalu, perkembangan pelayanan Bank BTN yang tadinya bank konvensional menjadi bank Devisa pada tahun 1994. 

Baca juga: Kantor Bank BTN Terdekat dari Lokasi Saya Sekarang

3. Tahun 2002-2017

Mulai memasuki tahun 2002, Bank BTN diputuskan sebagai bank umum yang berfokus pada bisnis pembiayaan perumahan tanpa subsidi berdasarkan surat No. 5-544/MMBU/2002. Kemudian pada tahun 2009 hingga 2017 Bank BTN makin berkembang dan meraih penghargaan. 

Produk E-Banking BTN

Supaya memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi keuangan, BTN mengeluarkan beberapa produk E-Banking seperti BTN Mobile, BTN Internet Banking, LinkAja, dan lainnya untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna BTN. 

1. BTN Mobile

BTN Mobile merupakan solusi hidup praktis untuk menggunakan layanan perbankan secara efisien dengan mengandalkan kuota internet dan gawai. Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi atau layanan perbankan secara realtime tanpa terikat waktu dan tempat. 

Keunggulan dari BTN Mobile antara lain dapat mengetahui berbagai informasi bagi nasabah perorangan; kemudahan mengakses layanan perbankan seperti pembayaran, pembelian, cek saldo, transfer sesama BTN atau Bank lain, dan lain sebagainya. 

Selain itu, Anda bisa menggunakan BTN Mobile selama 24 jam setiap harinya. Fitur-fitur yang terdapat dalam BTN Mobile yaitu transfer, pembelian, pembayaran, QRIS, Auto Debit System, Auto Transfer, Cardless Account, dan lain-lain. 

2. BTN Internet Banking

Internet Banking termasuk salah satu produk Bank BTN yang memberikan kemudahan layanan dan kenyamanan bagi nasabah untuk mengakses informasi keuangan serta melakukan transaksi. Anda bisa mendaftar menjadi pengguna BTN Internet Banking di seluruh ATM BTN terdekat. 

Kelebihan menggunakan Internet Banking BTN adalah Anda bisa memantau saldo, mutasi rekening, dan cetak rekening koran; pemindahbukuan sesama rekening BTN atau antarbank; kemudahan melakukan pembelian dan pembayaran; informasi suku bunga dan nilai kurs; dan lain sebagainya. 

Apabila Anda tertarik menjadi pengguna BTN Internet Banking, pastikan Anda sudah membaca dan memenuhi syarat dan ketentuan yang dibutuhkan. 

Baca juga: Auto Grab Fund BTN Adalah

3. LinkAja

LinkAja merupakan aplikasi keuangan elektronik yang bersinergi dengan berbagai Badan Usaha Milik Negara seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Danareksa, Telkom, Pertamina dan Jiwasraya. Menggunakan aplikasi ini, Anda tidak membutuhkan nilai minimal saldo yang mengendap. 

Kategori layanan LinkAja dibedakan menjadi basic dan full service. Pada basic service, maksimal saldo adalah Rp2.000.000 dan nilai maksimal transaksi Rp20.000.000/bulan. Sementara full service, maksimal saldo Rp10.000.000, maksimal transaksi Rp20.000.000/bulan dan maksimal transfer Rp10.000.000.

Merchant LinkAja cukup banyak misalnya seperti McDonald’s, Agoda, Blue Bird, CGV Cinemas, Chatime, Investree, J.CO, KFC, Starbucks, Alfamart, Steam, Alfamidi, Bakmi GM, Baskin Robbins, dan masih banyak lainnya. 

Selain ketiga produk E-Banking BTN di atas, masih ada produk lainnya seperti Debit BTN Online, BTN Cash Management, dan lan-lain.

Layanan Transaksi Bank BTN

Info Bank BTN berikutnya mengenai layanan transaksi yang dapat dilakukan oleh bank ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, melalui produk E-Banking BTN, Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi seperti pembayaran atau tagihan. 

Nah, berikut ini adalah beberapa layanan transaksi BTN terkait pembayaran tagihan yang bisa Anda simak. 

1. Pembayaran Tiket KAI

KAI atau Kereta Api Indonesia merupakan layanan jasa yang bergerak dibidang transportasi untuk memudahkan mobilitas masyarakat menggunakan kereta. Anda membutuhkan tiket untuk naik kereta, tiket ini bisa Anda beli secara langsung maupun memesannya online melalui aplikasi. 

Bank BTN memfasilitasi pembayaran tiket KAI dengan ATM BTN maupun Internet Banking . Berikut adalah langkah-langkah pembayaran tiket KAI melalui ATM BTN:

  • Masukkan kartu ATM sesuai instruksi dan pilih bahasa yang ingin digunakan. 
  • Masukkan PIN ATM dengan benar. 
  • Pilih menu “Lain-lain” kemudian klik “Pembayaran”.
  • Anda bisa memilih opsi “Multipayment”.
  • Nanti akan muncul menu “Tiket Kereta Api”, Anda bisa memilihnya lalu memasukkan kode pembayaran. 
  • Bayar. 

2. Pembayaran Tagihan PDAM

BTN adalah bank yang melayani fitur pembayaran tagihan. Terutama jika Anda sudah berumah tangga, terdapat banyak pengeluaran rutin yang perlu Anda bayarkan setiap waktu tertentu. Misalnya seperti tagihan PDAM. 

Anda bisa melakukan pembayaran tagihan PDAM via BTN Mobile Banking, ATM Banking, hingga Internet Banking dengan mencermati apakah nama PDAM yang berada di domisili Anda dapat melakukan transaksi tersebut. 

Baca juga: Bank BTN Tutup Jam Berapa?

Kemudahan Transaksi dengan BTN

Anda tidak perlu pusing mencari ATM atau agen yang dapat digunakan transaksi menggunakan BTN. Berikut adalah beberapa kemudahan transaksi dengan BTN yang perlu Anda ketahui.

1. ATM Link

Tahukah Anda tentang Himbara atau Himpunan Bank Negara? Himpunan Bank Negara ini terdapat Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN juga termasuk salah satunya. Keempat bank tersebut adalah pemilik dari ATM Link. Himbara tersebut memiliki logo ATM Link sehingga Anda bisa memakai kartu BTN di mesin ATM Link. 

2. Agen BTN

Apa itu agen BTN? Terdapat pihak ketiga yang bekerja sama dengan Bank BTN guna mewujudkan kemudahan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan, itulah yang disebut agen BTN.

Keunggulan dari agen BTN antara lain: layanan bisa dilakukan secara fleksibel, kemudahan dalam melakukan pembukaan rekening tabungan, memberikan peluang usaha bagi masyarakat untuk menjadi agen, kemudahan melakukan pembelian dan pembayaran, dll.

Jadi, bank BTN adalah bank milik Negara yang melalui sejarah cukup panjang hingga akhirnya berada di titik sekarang ini. Bank ini juga memiliki berbagai macam produk tabungan yang bisa Anda pertimbangkan benefitnya.

Tidak ada komentar