BNI Perbankan

3 Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI dengan Mudah

Maret 17, 2024
0 Komentar
Beranda
BNI
Perbankan
3 Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI dengan Mudah

Sebagai bentuk inovasi bank pemerintah terhadap layanan keuangan masyarakat, BNI menyediakan fitur SMS Banking. Cara mengaktifkan maupun cara menonaktifkan SMS Banking BNI juga mudah serta cepat. Nasabah dapat melakukannya selama memiliki ponsel dengan nomor aktif, pulsa, dan sinyal.

Kehadiran SMS Banking menjadi fitur unggulan yang menarik perhatian nasabah untuk terus menggunakan layanan BNI. Fitur ini membuat segalanya menjadi lebih singkat dan praktis. Simak informasi lainnya terkait SMS Banking dan cara menonaktifkannya di sini!

Pengertian SMS Banking BNI

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi era modern ini menuntut banyaknya perubahan dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah dalam kebutuhan perbankan. 

SMS Banking merupakan inovasi layanan atau fitur unggul dari bank terkait. Salah satu bank yang menyediakan fitur ini adalah Bank Nasional Indonesia. Kedatangan fitur ini pada dasarnya untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi tanpa datang ke mesin ATM atau mengunjungi kantor cabang terlebih dahulu.

Nasabah bisa melakukan aneka jenis transaksi, mulai dari pengecekan saldo, pembelian pulsa, belanja, membayar tagihan listrik, dan lain sebagainya hanya bermodalkan ponsel. Uniknya lagi, nasabah tidak membutuhkan jaringan internet untuk memanfaatkan fitur ini.

Cara Mengaktifkan SMS Banking BNI

Untuk memakai layanan ini, nasabah harus mendaftar terlebih dahulu. Proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mudah melalui kantor cabang BNI terdekat maupun mesin ATM. Berikut caranya.

1. Melalui Kantor Cabang BNI

Cara yang pertama adalah melalui kantor cabang bank BNI terdekat. Nasabah harus menyiapkan sejumlah berkas persyaratan terlebih dahulu, seperti fotokopi kartu ATM dan fotokopi KTP. Kemudian, siapkan juga buku tabungan yang asli untuk langkah antisipasi.

Kemudian, langsung datang ke kantor cabang BNI dan temui petugas bank. Sampaikan maksud dan tujuan Anda, yakni untuk mendaftar layanan SMS Banking. Petugas akan memberi Anda instruksi dan membantu prosesnya sampai selesai.

2. Melalui ATM BNI

Bila tidak ada kantor cabang BNI terdekat dari lokasi Anda, bisa kunjungi gerai ATM BNI. Cara ini lebih mudah karena ATM BNI sudah tersebar di seluruh Indonesia dengan total 16.558 mesin. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Masukan kartu ATM ke dalam mesin, kemudian ketikkan PIN
  • Bila sudah masuk ke menu utama, Anda bisa memilih fitur Transaksi Lain
  • Lalu, pilih Lainnya
  • Pada menu Registrasi di layar ATM, klik Mobile Banking
  • Masukan nomor yang masih aktif untuk mengirim SMS Banking
  • Kembali masukan 6 digit PIN, lalu konfirmasi sekali lagi
  • Klik Benar dan mesin ATM akan mengeluarkan tanda pendaftaran SMS Banking sukses
  • Setelah itu, datangi bank terdekat untuk konfirmasi menggunakan KTP dan kartu ATM

Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI

Bagi sebagian orang, menggunakan layanan SMS Banking cukup merepotkan. Makannya, beredar cara menonaktifkannya. Bagaimana cara mematikan layanan SMS Banking BNI?

1. Menghubungi Call Center BNI

BNI memberikan kemudahan bagi nasabahnya dengan menghadirkan call center. Ini bisa membantu Anda menyelesaikan aneka masalah tanpa perlu bertemu langsung. Berikut cara menonaktifkan layanan SMS Banking lewat call center.

  • Pertama, siapkan nomor rekening terlebih dahulu
  • Kemudian, buka menu telepon pada ponsel dan hubungi nomor 1500 017 atau 14017
  • Tunggu hingga ada instruksi mesin penjawab panggilan
  • Anda bisa memilih opsi berbicara langsung dengan CS
  • Jelaskan keinginan pada CS untuk menonaktifkan SMS Banking
  • Berikan sejumlah data yang diminta, seperti nomor ponsel, nomor rekening, hingga KTP elektronik
  • Ikuti arahan dari CS sampai penonaktifan layanan terkonfirmasi

Cara ini memang terbilang sangat praktis. Namun, ada kelemahannya, yakni nasabah harus menyediakan pulsa yang banyak. Biasanya, telepon dengan CS bank bisa menghabiskan pulsa sekitar Rp20 ribu.

2. Melalui Mesin ATM BNI

Jika tidak ingin kehabisan pulsa, Anda bisa menggunakan cara menonaktifkan SMS Banking BNI melalui ATM. Nasabah bisa langsung mencari ATM yang tersebar di minimarket maupun lokasi lainnya. Bila sudah, langsung saja ikuti petunjuk berikut.

  • Pertama, kunjungi ATM terdekat dan masukan kartu
  • Ketikkan PIN dan pilih Transaksi Lain
  • Pilih opsi Lainnya, lalu tekan Menu Registrasi 
  • Anda bisa memilih layanan SMS Banking, kemudian pilih Hentikan
  • Masukan PIN SMS Banking dan tunggu notifikasi layanannya pada layar ATM

Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, pastikan ATM sedang sepi agar tidak mengganggu aktivitas pengguna lainnya.

Baca juga: 11+ Penyebab Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan

3. Mengunjungi Kantor Cabang BNI

Ketika mengaktifkan layanan SMS Banking, nasabah bisa mengunjungi kantor cabang BNI terdekat. Begitu pula dengan ketika hendak menonaktifkannya. Alurnya terbilang sama, nasabah harus mengantri terlebih dahulu.

Bila sudah dipanggil CS, nasabah bisa menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya, yakni untuk menonaktifkan fitur SMS Banking. CS akan langsung memandu Anda selama Anda sudah membawa persyaratan, seperti KTP, kartu ATM, dan buku tabungan.

Nantinya, CS akan memberikan formulir yang harus Anda isi data-datanya. Pastikan mengisi dengan benar dan jangan sampai ada informasi yang terlewat.

Perbedaan SMS Banking dengan Internet Banking

Kebanyakan orang berpikir bahwa SMS Banking dan Internet Banking adalah layanan yang sama. Memang benar jika keduanya sama-sama dilakukan di dalam ponsel dan tujuannya untuk mempermudah transaksi digital. Namun, keduanya bukan merupakan fitur yang sama.

Internet Banking BNI bernama BNI Mobile. Ini berupa aplikasi untuk melakukan segala transaksi. Sesuai namanya, Internet Banking membutuhkan jaringan internet untuk dapat mengaksesnya.

Berbeda dengan SMS Banking yang tidak membutuhkan jaringan internet sama sekali. Nasabah hanya perlu menyiapkan pulsa dan pastikan ponsel memiliki sinyal yang cukup kuat.

Kelebihan dan Kekurangan SMS Banking BNI

Setiap layanan atau fitur tertentu menawarkan keunggulan dan kekurangan tersendiri. Makannya, terkadang perlu mengetahui cara menonaktifkan SMS Banking BNI bila memang dirasa kekurangannya lebih banyak. Apa saja? Berikut poin-poinnya!

Kelebihan SMS Banking BNI

Keunggulan yang ditawarkan dari SMS Banking BNI antara lain:

  • Nasabah dapat melakukan transaksi keuangan yang mudah dan praktis. SMS Banking tidak bergantung pada lokasi maupun waktu, sehingga bisa melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun
  • Transaksi bebas dari gangguan eksternal, seperti listrik mati maupun ketiadaan koneksi internet, karena hanya membutuhkan pulsa
  • Bila melihat dari sisi keamanannya, transaksi keuangan yang menggunakan SMS banking jauh lebih terjaga

Kekurangan SMS Banking BNI

Meskipun menawarkan kelebihan yang akan memudahkan Anda, SMS Banking juga memiliki sejumlah kekurangan.

  • Kurang fleksibel karena tidak bisa melakukan banyak transaksi keuangan secara bersamaan
  • Ada biaya admin sebesar Rp500 yang terkadang membebani nasabah bila hendak melakukan banyak transaksi

Resiko Menggunakan SMS Banking 

Cara menonaktifkan SMS Banking BNI juga berkaitan dengan resiko penggunaannya. Menyadari ada berbagai hal yang bisa menjadi resiko, tidak heran jika sebagian orang memutuskan untuk menonaktifkan SMS Banking. Berikut beberapa resiko memakai SMS Banking.

  • Kemungkinan PIN ATM diketahui orang lain, karena history pesan akan tersimpan di SMS
  • Tidak ada informasi terkait status transaksi. Jadi, nasabah tidak akan mengetahui apakah transaksi yang dilakukan berhasil atau gagal
  • Nasabah harus menghafalkan kode transaksi. Bila memang lupa terus menerus, nomor rekening bisa saja terblokir

Kehadiran SMS Banking memang membuat layanan dan aktivitas perbankan menjadi lebih mudah. Namun, ada beberapa kekurangan dan faktor resiko yang membuat orang mencari cara menonaktifkan SMS Banking BNI. 

Tidak ada komentar