Bank BJB Perbankan

Cara Mengambil Uang di Atm BJB dengan Mudah, Anti Gagal!

November 13, 2023
0 Komentar
Beranda
Bank BJB
Perbankan
Cara Mengambil Uang di Atm BJB dengan Mudah, Anti Gagal!

ATM atau Anjungan Tunai Mandiri merupakan sebuah kartu yang diberikan kepada nasabah ketika membuka rekening bank. Dengan adanya ATM, nasabah bisa melakukan kegiatan transaksi dengan mudah. Sehingga banyak nasabah yang mencari cara mengambil uang di ATM BJB.

Cara Mengambil Uang di ATM BJB

Menarik uang di ATM merupakan hal yang paling mudah, jika nasabah mampu memahami setiap langkah-langkahnya dengan baik dan benar. Untuk mengambil uang di ATM di Bank BJB terdapat dua cara, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Mengambil Uang di Mesin ATM BJB

Bagi nasabah yang akan mengambil uang di ATM BJB dapat mengikuti setiap langkah secara berurutan. Nasabah juga dapat mengikuti cara mengambil uang sesuai dengan keinginannya. Berikut cara ambil uang di ATM BJB:

  • Mendatangi mesin ATM terdekat
  • Masukkan kartu ATM sesuai dengan tempatnya
  • Pilih menu Bahasa Indonesia
  • Masukkan PIN
  • Tunggu beberapa saat, sampai Anda diarahkan pada tampilan berikutnya kemudian pilih nominal uang yang akan ditarik
  • Apabila nominal uang yang dipilih tidak ditampilkan di layar, pilih Jumlah Lainnya
  • Kemudian masukkan nominal uang sesuai dengan keinginan
  • Selanjutnya tekan Benar
  • Tunggu sampai uang yang dikeluarkan dari mesin
  • Setelah transaksi selesai, pilih Tidak agar kartu ATM bisa keluar dari mesin

2. Mengambil Uang di ATM BJB Bersama

Selain mengambil uang di mesin ATM BJB, nasabah juga dapat mengambil uang di ATM BJB bersama. Cara ini dapat dijadikan sebagai solusi, jika nasabah tidak dekat dengan mesin ATM BJB. Selain itu, cara ini juga dapat dilakukan jika nasabah sedang berada di luar provinsi Jawa Barat berikut langkahnya:

  • Cari mesin ATM bersama terdekat
  • Masukkan kartu ATM pada tempatnya
  • Masukkan PIN sebanyak 6 digit
  • Tunggu beberapa saat sampai nominal ditampilkan di layar, kemudian pilih nominal sesuai dengan jumlah uang yang akan ditarik
  • Jika nominal uang yang akan ditarik tidak ditampilkan, pilih Transaksi Lainnya
  • Pilih tarik tunai
  • Masukkan nominal uang yang akan ditarik
  • Jika nominal yang dimasukkan sudah sesuai, pilih Benar
  • Kemudian masukkan PIN kembali
  • Pilih rekening tabungan
  • Tunggu beberapa saat sampai uang dikeluarkan dari mesin
  • Jika uang telah berhasil keluar, maka pilih Tidak agar kartu ATM bisa keluar dari mesin ATM.

Fungsi ATM Secara Umum

ATM memiliki banyak fungsi yang dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan kegiatan transaksi dari mana saja. Menariknya, ATM juga bisa dibawa bepergian sehingga nasabah tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah besar. Berikut fungsi ATM secara umum yang wajib diketahui:

1. Tarik Tunai Selama 24 Jam

Saat ini, banyak mesin ATM yang buka selama 24 jam. Sehingga hal ini memberikan kemudahan bagi nasabah ketika akan tarik tunai di jam-jam tertentu. ATM yang buka selama 24 jam, biasanya disediakan di tempat umum. 

2. Setor Tabungan Ke Rekening

Mesin ATM juga bisa digunakan untuk setor uang tunai ke rekening tabungan. Namun, layanan ini belum terdapat di semua mesin ATM. Layanan ini tentu memudahkan nasabah ketika akan menabung di rekening, namun harus kembali beraktivitas seperti bekerja ataupun kuliah.

3. Transfer

ATM juga bisa digunakan untuk transfer baik antar sesama Bank BJB atau Ke Bank lainnya. Dengan adanya layanan ini, nasabah tidak perlu antri di bank ketika akan transfer uang. Terlebih antri di bank menjadi hal yang paling membosankan.

Baca juga: Bank BJB Buka Jam Berapa?

4. Bayar Tagihan

Seiring berjalannya waktu, mesin ATM semakin canggih bahkan bisa digunakan untuk bayar tagihan. Saat menggunakan ATM, nasabah bisa membayar tagihan seperti PDAM, Tagihan Listrik dan masih banyak lagi. Cara untuk bayar tagihan juga cukup mudah, sehingga bisa dilakukan oleh remaja.

Jenis-jenis ATM yang Wajib Diketahui

ATM memiliki jenis yang beragam, sehingga nasabah harus mengetahui setiap jenisnya sebelum melakukan kegiatan transaksi. Perbedaan setiap ATM cukup signifikan, sehingga nasabah dapat mengetahuinya dengan mudah. Berikut jenis-jenis ATM yang wajib diketahui:

1. ATM Tarik Tunai

Sama dengan namanya, ATM jenis ini hanya bisa digunakan untuk tarik uang secara tunai. Sehingga ATM ini memang disediakan untuk kegiatan tarik tunai, sementara untuk jumlah uang yang ditarik biasanya disesuaikan dengan masing-masing mesin ATM.

2. ATM Non-Tunai

ATM yang satu ini tidak dapat digunakan untuk melakukan kegiatan transaksi secara tunai, seperti tarik tunai. ATM ini dikhususkan untuk transaksi secara Non-Tunai seperti bayar tagihan, menabung ke rekening. Sehingga nasabah yang sering tarik tunai, seharusnya tidak menggunakan ATM ini.

3. ATM Setor Tunai

ATM Setor Tunai juga sering disebut dengan CDM atau Cash Deposit Machine. Saat menggunakan ATM ini, nasabah tidak perlu datang ke bank ketika akan setor uang tunai. ATM Setor Tunai biasanya hanya mampu menerima setoran dengan nominal uang tertentu seperti Rp 50.000 dan Rp 100.000.

4. ATM Serba Bisa

ATM jenis ini seringkali menjadi pilihan banyak orang, sebab dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan transaksi seperti tarik tunai, setor tunai, bayar tagihan dan masih banyak lagi. ATM ini menjadi jenis ATM yang banyak digunakan oleh masyarakat secara umum.

Baca juga: Cara Membuat ATM BCA TabunganKu

Tips Aman Menggunakan Kartu ATM

Di zaman yang semakin berkembang, banyak sekali aksi kejahatan yang sering terjadi seperti pencurian data untuk menguras saldo rekening. Hal ini perlu diwaspadai, terlebih jika nasabah menggunakan ATM. Berikut cara aman menggunakan kartu ATM , yang bisa ditiru oleh nasabah :

1. Gunakan Mesin ATM Yang Memiliki Petugas Keamanan

Pada saat akan melakukan kegiatan transaksi atau tarik tunai, nasabah dapat memilih mesin ATM yang memiliki petugas keamanan. Biasanya mesin ATM yang memiliki petugas keamanan berada di sekitar bank, sebab mereka akan menjaga bank selama 24 jam. Dengan demikian resiko kejahatan berkurang.

2. Lakukan Transaksi di Tempat Ramai

Ketika akan melakukan transaksi, nasabah dapat mencari mesin ATM yang ramai oleh masyarakat. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir segala bentuk kejahatan. Terlebih banyak teknologi modern yang sering disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk menguras saldo ATM.

3. Hindari Skimmer Card

Skimmer card merupakan sebuah perangkat yang ditambahkan pada mesin ATM untuk mengetahui data pribadi serta PIN ATM nasabah. Modus ini seringkali dilakukan oleh pelaku kejahatan untuk menguras saldo ATM. Skimmer card biasanya terletak pada bagian sisi mesin, sehingga nasabah harus waspada.

4. Ketahui Nomor Call Center Bank

Ketika terjadi Masalah dengan mesin ATM yang menyebabkan transaksi tidak berhasil, nasabah tidak boleh panik. Nasabah harus tetap tenang dan nasabah harus menghubungi call center bank untuk mendapatkan solusi. Pastikan bahwa call center yang dihubungi benar, agar solusinya tepat.

Berbagai informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika nasabah akan mengambil atau melakukan transaksi. Sebelum tarik tunai, nasabah harus mengetahui cara mengambil uang di ATM BJB. Hal ini sangat bermanfaat bagi nasabah, sebab proses transaksi dan tarik tunai berjalan dengan lancar.

Tidak ada komentar