Mandiri Perbankan

Nomor Akun Bank Mandiri: Pengertian, Fungsi, Sampai Cara Mengeceknya

Januari 02, 2024
0 Komentar
Beranda
Mandiri
Perbankan
Nomor Akun Bank Mandiri: Pengertian, Fungsi, Sampai Cara Mengeceknya

Banyak nasabah Bank Mandiri, yang walaupun sudah cukup lama menjadi nasabah. Namun, belum memahami benar apa yang dimaksud dengan nomor akun Bank Mandiri. Bahkan, kurang mengetahui bagaimana cara mengeceknya sampai memanfaatkannya. 

Padahal, nomor akun ini sangat vital untuk kebutuhan transaksi dengan Bank Mandiri. Kombinasi nomor unik ini dibuat berbeda setiap nasabah. Sebagai identitas dari rekening yang dimiliki, bahkan bisa dikatakan nomor akun merupakan alamat dari penyimpanan uang para nasabah. 

Karena banyak yang belum memahami dan mungkin Anda juga belum terlalu memahami. Berikut adalah pembahasan mengenai nomor akun dari Bank Mandiri. Mulai dari pengertiannya, fungsinya sebagai identitas sampai dengan cara untuk mengeceknya. 

Apa itu Nomor Akun Bank Mandiri?

Sebelum memahami lebih jauh mengenai nomor akun Bank Mandiri Anda perlu mengetahui lebih dahulu mengetahui pengertian dari nomor ini. Nomor akun adalah serangkaian kombinasi nomor yang merujuk ke tabungan yang Anda miliki. 

Saat pertama kali membuat tabungan, para nasabah akan langsung diberikan nomor ini. Nomor ini akan tertera pada buku tabungan yang dimiliki oleh nasabah. Setiap bank juga memiliki ketentuan nomor akunnya masing- masing. 

Namun, ketentuan nomor akun pada Bank Mandiri terdiri dari 13 digit dengan kombinasi unik. Untuk menjaga tidak ada kesalahan transaksi dan identifikasi. Maka, kombinasi 13 digit yang digunakan ini selalu saja berbeda dari satu nasabah dan nasabah yang lainnya. 

Tidak mungkin nasabah memiliki nomor akun yang sama, karena sebagai identitas yang unik para nasabah. Dengan begitu, keamanan rekening yang disimpan oleh nasabah di bank akan lebih terjamin. 

Baca juga: Nomor Referensi Mandiri: Pengertian, Fungsi dan Cara Mengeceknya

Fungsi Nomor Akun Bank Mandiri 

Kombinasi 13 digit yang digunakan sebagai nomor akun ini bukan hanya sebagai hiasan pada buku tabungan saja. Sebagai identitas dari rekening yang dimiliki, nomor akun ini memiliki berbagai fungsi yang khusus dan terhubung dengan rekening Anda. 

Fungsi tersebut dijamin akan mendukung kegiatan sehari-hari dan finansial para nasabah. Berikut adalah berbagai fungsi dari adanya nomor akun Mandiri:

1. Media untuk Transaksi 

Fungsi utama dari adanya nomor akun pada rekening Bank Mandiri adalah sebagai media transaksi. Jika diibaratkan nomor akun ini bagai alamat menuju rekening yang Anda miliki. Alamat ini menjadi penghubung jika Anda akan melakukan transaksi dengan orang lain. 

Misalnya saja, untuk mentransfer sejumlah uang maka nomor akun menjadi nomor tujuan untuk pengiriman sejumlah uang pada Anda. Untuk melakukan setor tunai maupun tarik tunai membutuhkan informasi nomor akun sebagai tahap konfirmasi. 

Nomor akun sangat berguna dalam pembayaran secara online di bidang bisnis. Karena tidak perlu uang tunai, dengan mengetahui nomor akunnya saja. Para pembeli bisa membayar barang dengan transfer uang sedangkan para penjual bisa menerima uangnya dengan lebih mudah. 

Adanya nomor akun ini membuat setiap aktivitas transaksi menjadi lebih fleksibel, cepat, namun sekaligus lebih aman untuk dilakukan. 

2. Syarat untuk Mendapatkan Beasiswa Sampai dengan Gaji 

Bagi Anda yang menggunakan Bank Mandiri sebagai rekening pekerjaan atau rekening untuk menerima beasiswa. Maka peran nomor akun Bank Mandiri sangatlah penting, karena tanpa mencantumkan nomor akun, Anda tidak akan bisa mendapatkan uang yang menjadi hak Anda. 

Karena proses pencairan gaji maupun beasiswa, pasti melalui nomor akun yang ada pada rekening. Jika tidak mengetahui atau tidak mencantumkan nomor akun. Sama saja dengan Anda tidak menambahkan alamat di mana harus dikirimkan. 

3. Menjaga Agar Tabungan Dalam Rekening Tetap Aman 

Dengan adanya nomor akun sebagai sarana transaksi, membuat proses transaksi menjadi lebih aman. Jadi, tidak hanya lebih praktis dan cepat saja, namun juga meningkatkan keamanan. Dengan nomor akun, tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak. 

Karena hal tersebut dapat memancing orang lain untuk melakukan kejahatan. Cukup gunakan nomor akun sebagai perantara pembayaran. Dengan begitu, Anda bisa melakukan berbagai pembayaran dengan Bank Mandiri dengan resiko yang lebih kecil. 

Fungsi-fungsi di atas merupakan fungsi vital dari adanya nomor akun. Karena itu, jangan remehkan keberadaan nomor akun sebagai identitas rekening Mandiri yang dimiliki.

Baca juga: Nomor Rekening Mandiri Berapa Digit?

Bedanya Nomor Akun dan Nomor ATM Bank Mandiri 

Dalam penggunaannya, sering kali para nasabah salah mengira bahwa nomor akun merupakan nomor yang sama dengan nomor yang tertera pada ATM Bank Mandiri. Karena memang di kartu ATM Mandiri tertera beberapa nomor seri yang kombinasinya hampir mirip. 

Namun, ternyata keduanya adalah dua nomor dengan keperluan yang sangat berbeda. Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai perbedaan antara nomor akun dan nomor ATM Bank Mandiri: 

  • Nomor akun adalah identitas dari rekening yang dimiliki, Nomor ATM hanya sebatas nomor pada kartu saja. 
  • Nomor akun Bank Mandiri bisa digunakan untuk bertransaksi, sedangkan nomor ATM tidak.
  • Nomor ATM Bank Mandiri hanya berperan sebagai nomor identifikasi kartu dari bank kepada para pemiliknya. 
  • Nomor akun tertera pada buku tabungan Bank Mandiri dan berbagai fitur lainnya. Misalnya, pada mobile banking atau halaman profil. 
  • Nomor kartu ATM Mandiri hanya tertulis pada kartu ATMnya saja dan jarang sekali ada fitur lain yang menuliskannya. 

Dengan penjelasan di atas, sudah jelas bahwa nomor akun dan nomor ATM adalah dua kombinasi berbeda pada Bank Mandiri. Keduanya jelas memiliki fungsi yang berbeda dan tujuan penggunaan yang berbeda pula. 

Baca juga: Contoh User ID Mandiri

Cara Cek Nomor Akun Bank Mandiri

Anda mungkin sudah mengetahui pengertian dan informasi lain mengenai nomor akun pada Bank Mandiri. Namun, tidak tahu bagaimana cara untuk menemukan nomor ini. Berikut adalah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan nomor akun:

1. Cek Via Buku Tabungan 

Cara paling mudah untuk mengecek nomor akun dari Bank Mandiri adalah melalui buku tabungan. Karena pada buku tabungan akan dituliskan nomor akun pada hari pertama pembuatan rekening. Nomor akun ini biasanya dituliskan pada halaman pertama. 

2. Melalui Aplikasi Livin’ By Mandiri 

Anda juga bisa mengetahui informasi nomor akun dari Bank Mandiri ini melalui aplikasi perbankan Bank Mandiri yaitu Livin’ By Mandiri. Caranya pun lebih praktis dan mudah diakses dengan cara di bawah ini:

  • Pastikan perangkat yang digunakan sudah terhubung dengan internet. 
  • Kemudian, buka aplikasi Livin’ By Mandiri yang sudah terpasang pada smartphone. 
  • Login dengan menggunakan username dan password yang dimiliki. 
  • Pada tampilan utama, buka menu ‘Saldo’ pada aplikasi. 
  • Pada halaman selanjutnya, para nasabah akan melihat informasi nomor akun. 

Aplikasi Livin’ By Mandiri juga menyediakan fitur untuk mengcopy langsung nomor akun pada tampilan aplikasi. Jadi, para nasabah yang ingin membagikan dan menggunakan nomor ini tinggal menyalinnya saja pada tampilan yang lain. 

Sekarang Anda sudah mengetahui berbagai informasi mengenai nomor akun Bank Mandiri. Nomor ini merupakan nomor yang sangat penting untuk berbagai transaksi. Gunakan fasilitas ini untuk memaksimalkan aktivitas finansial Anda bersama Bank Mandiri.

Tidak ada komentar