Mandiri Perbankan

Contoh User ID Mandiri untuk Internet Banking dan Mobile Banking

April 18, 2023
0 Komentar
Beranda
Mandiri
Perbankan
Contoh User ID Mandiri untuk Internet Banking dan Mobile Banking

Bank Mandiri menyediakan banyak sekali layanan digital, termasuk mobile banking lewat aplikasi Livin’ by Mandiri. Namun, saat hendak menggunakan aplikasi, Anda harus punya user ID dan password dulu. Demikian pula dalam menggunakan internet banking. Banyak contoh user ID Mandiri yang dapat Anda jadikan referensi.

Ini penting dalam membuat user ID dan kata sandi Anda sendiri. User ID menjadi identitas setiap nasabah, supaya bisa leluasa mengakses fitur-fitur dalam internet banking maupun mobile banking yang punya banyak tawaran.

Contoh User ID Mandiri dalam Internet Banking

Internet banking adalah salah satu layanan dari setiap bank yang memudahkan para nasabah masing-masing dalam bertransaksi, tanpa perlu mendatangi bank. Khususnya bila Anda hanya butuh melakukan transfer sejumlah nominal uang ke rekening sesama bank atau ke bank lainnya.

Masyarakat banyak menggunakan layanan ini untuk kebutuhan transaksi bisnis online mereka. Selain karena solusi bagi yang tinggal jauh dari ATM, simpel, cepat, dan ringkas. Walau memang butuh koneksi internet serta harus punya user ID dan password-nya dulu.

Setiap nasabah Bank Mandiri, khususnya yang mendaftar internet banking maupun mobile banking pasti melewati pembuatan user ID dan password. Jadi pada akhirnya setiap nasabah pasti punya keduanya beberapa waktu setelah membuka rekening Bank Mandiri.

Lagipula user ID beserta kata sandinya juga merupakan identitas Anda sebagai pemilik rekening. Keduanya pun hanya Anda yang boleh mengetahuinya. Jangan Anda bocorkan ke siapa pun. Meski terdaftar, tetapi sifatnya pribadi. Pihak bank tidak memiliki wewenang untuk melihatnya.

User ID dan kata sandi yang kemudian Anda buat untuk keperluan internet banking harus memenuhi beberapa kriteria. Lazimnya adalah mengandung kombinasi huruf besar dan kecil serta angka. Jumlah karakternya juga umumnya terbatas antara enam atau delapan sampai 12 karakter.

Biasanya, contoh user ID Mandiri tersebut seperti:

  • alternatif95
  • InetMandiri1
  • adamk2019
  • kartika331

Pastikan saja tidak akan terjebak oleh orang lain. Bila Anda ingin mendaftar, maka kunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat sekaligus mengaktifkannya pula.

Baca juga: Cara Settlement Mesin EDC Mandiri

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Pada dasarnya cara daftarnya tak beda terlalu jauh dengan cara ganti user ID Livin Mandiri atau cara melihat user ID Livin Mandiri. Meski ada beberapa tahapan yang mesti Anda lewati, dan sejumlah pilihan cara pembuatan.

Bukan hanya mengetahui contoh user ID Mandiri, Anda juga harus paham cara melakukan pendaftaran internet banking Mandiri. Namun, yang pasti Anda wajib jadi salah seorang nasabah terlebih dulu untuk mengakses internet banking secara online.

Ada setidaknya dua pilihan terkait cara pendaftarannya hingga berhasil memiliki akses user ID. Anda bisa melakukan pendaftaran melalui ATM, atau langsung datang ke kantor cabang Bank Mandiri yang paling dekat dan bisa Anda jangkau.

  • Apabila Anda memilih yang kedua, maka sebelum berangkat, siapkan terlebih dulu beberapa dokumen sebagai syarat-syaratnya. Bawalah buku rekening Anda, lalu kartu ATM dan KTP.
  • Ketika sudah sampai bank, silakan ambil antrean untuk customer service.
  • Pihak bank melalui customer service selanjutnya akan memberikan lembaran formulir pendaftaran kepada Anda. Isi formulirnya dengan informasi yang lengkap dan benar.
  • Berikutnya pihak bank akan memberi arahan lebih lanjut mengenai pendaftaran internet banking.

Bagaimana Jika Saya Lupa User ID Mandiri Internet Banking

Hanya nasabah yang boleh membuat, mengganti, dan mengetahui user ID, nomor PIN, dan kata sandi untuk internet banking maupun layanan lainnya. Jika terdapat masalah pada akun seperti lupa user ID Mandiri, maka Anda harus melakukan langkah-langkah berikut:

  • Silakan Anda buka laman internet banking Mandiri.
  • Buka bagian yang berisi form contact us. Lalu isi form tersebut dengan permohonan Anda, yakni untuk menghapus user ID Anda dari daftar pengguna. Tuliskan juga nomor rekening serta cabang Mandiri yang menerbitkan rekening Anda. Kirimkan bila sudah selesai mengisi.
  • Anda juga dapat melakukan permohonan penghapusan dengan menelepon layanan Call Center Mandiri, atau datang ke cabang Bank Mandiri terdekat.
  • Pihak bank kemudian akan melakukan penghapusan berdasarkan permohonan Anda.
  • Baru kemudian akan ada permintaan untuk mendaftar kembali setelah dua hari kerja sejak Anda mengirim permohonan penghapusan. Anda bisa mendaftar lagi melalui ATM Mandiri maupun datang ke cabang Mandiri terdekat.
  • Setelah mendaftar lagi, lakukan aktivasi di www.bankmandiri.co.id.
  • Setelah aktivasi, Anda bisa login internet banking Mandiri lagi.

Cara Melihat User ID Livin Mandiri

Bank Mandiri juga punya layanan digital selain internet banking, yakni aplikasi mobile banking Livin’ by Mandiri atau Livin Kuning. Contoh user ID Bank Mandiri juga bisa Anda gunakan untuk layanan ini. Namun, bila Anda lupa user ID Mandiri untuk mobile banking, tahapan penanganannya adalah:

  • Unduh Livin’ by Mandiri dari Google Play Store atau Apple App Store, lalu buka aplikasinya.
  • Klik menu lupa user ID yang ada pada halaman awal.
  • Isikan nomor kartu debit dan data-data lainnya dengan lengkap, lalu tekan Lanjut.
  • Pastikan Anda punya pulsa yang cukup untuk mengkonfirmasi SMS verifikasi.
  • Setelah menerima SMS, lakukan konfirmasi dengan memproses SMS verifikasi tersebut dan tekan Lanjut.
  • Masukkan PIN mobile banking (MPIN) Anda.
  • Layar akan menampilkan informasi user ID Mandiri Anda.

Solusi Lain Lupa User ID Mandiri

Lupa user ID Mandiri adalah kondisi yang sangat mungkin terjadi pada banyak orang. Sampai-sampai pihak bank menyediakan fitur khusus untuk menanganinya. Selain dengan fitur-fitur khusus yang ada pada aplikasi maupun layanan online lainnya, Anda pun bisa menghubungi layanan Call Center.

Bila Anda suatu saat tidak dapat menemukan menu Lupa User ID pada aplikasi mobile banking Anda. Dengan menghubungi Call Center, Anda juga dapat melakukan percakapan langsung, sehingga permohonan Anda bisa cepat mendapat penanganan.

Namun demikian, melakukan panggilan telepon tidaklah gratis. Kendati biayanya juga tidak akan terlalu besar. Sediakan saja pulsa minimal Rp25.000 untuk menelepon layanan Call Center dengan aman. Setelah tersambung ke petugas, baru Anda laporkan apa pun yang ingin Anda sampaikan

Termasuk untuk mencarikan data user ID Anda dalam daftar pengguna atas izin Anda. Petugas akan menanyakan beberapa informasi terkait kepada Anda selama proses penanganan, seperti:

  • Nomor kartu ATM Anda.
  • Informasi seputar tanggal lahir Anda.
  • Nomor ponsel yang Anda daftarkan.
  • Nomor rekening Bank Mandiri milik Anda.
  • Data-data lainnya.

Petugas akan melakukan validasi terhadap semua data yang Anda berikan. Bila sudah benar, maka Anda akan mendapat informasi terkait user ID Mandiri Anda. Selanjutnya demi menjaga keamanan dari kejahatan perbankan, rahasiakan user ID dan password Anda.

Hanya Anda yang boleh mengaksesnya sendiri. Catat juga user ID dan kata sandi baru Anda, lalu simpan pada tempat yang aman. Jadi kedepannya Anda tinggal melihatnya kembali saat lupa user ID Mandiri lagi.

Contoh user ID Mandiri ada banyak sekali ragamnya. Namun, pasti memenuhi kriteria terkait kombinasi unik beberapa karakter huruf dan angka, ukuran besar dan kecil, serta panjangnya. Pastikan saja agar user ID tersebut tidak terpikirkan oleh orang lain.

Tidak ada komentar