BRI Perbankan

Cara Cek Kuota SIMPI BRI: Pengertian, Syarat dan Keuntungannya

April 13, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
Cara Cek Kuota SIMPI BRI: Pengertian, Syarat dan Keuntungannya

SIMPI BRI merupakan salah satu program BANK BRI yang bekerja sama dengan pemerintah untuk membantu para petani. Namun, walaupun begitu masih ada nasabah yang belum mengetahui cara cek kuota SIMPI BRI. Bahkan, kurang mengetahui mengenai apa itu SIMPI BRI sendiri. 

Padahal, dengan memiliki rekening dan menjadi nasabah program ini akan sangat menguntungkan para petani. Terutama, mengenai akses pada pupuk bersubsidi yang sangat dibutuhkan dalam bidang pertanian. Jika Anda merupakan seorang petani di Indonesia, baiknya jang melewatkan kesempatan ini. 

Anda harus secara aktif mencari informasi mengenai program ini agar bisa menjadi bagiannya. Serta, secara efektif memanfaatkannya. Berikut adalah informasi mengenai program SIMPI BRI dan berbagai info yang diperlukan bagi para petani. 

Pengertian SIMPI BRI

Sebelum mengetahui bagaimana cara cara cek kuota SIMPI BRI, Anda tentu saja harus mengetahui lebih dahulu. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan SIMPI BRI itu sendiri dan program seperti apakah itu untuk masyarakat dan pemerintah. 

SIMPI BRI adalah sebuah sistem yang dibuat oleh Bank BRI yang merinci database petani yang ada di Indonesia. Mulai dari identitas petani, musim tanam, komoditas, kebutuhan produk, lahan, dan sampai dengan harga saprotan dan berbagai kebutuhan pertanian yang lain. 

SIMPI ini ternyata sebuah singkatan dari SIstem Informasi Manajemen Pangan Indonesia. Sebagai sistem yang mengolah data pertanian, SIMPI juga memiliki informasi terkait kebutuhan pupuk. Terutama, kebutuhan pupuk subsidi yang menjadi bagian dari program pemerintah Indonesia. 

Melalui sistem ini, para petani bisa mengetahui seberapa banyak stok pupuk subsidi yang ada di wilayahnya. Bahkan, jika ada kekurangan pasokan atau kebutuhan hal itu bisa langsung dideteksi dan langsung diketahui melalui aplikasi. 

Adanya sistem ini sangat menguntungkan bagi para petani yang menjadi nasabah Bank BRI. Karena adanya kemudahan akses pada berbagai informasi yang dibutuhkan. Adanya sistem ini tidak hanya menguntungkan bagi para petani saja, namun juga pihak pemerintah. 

Dengan adanya sistem ini, pemantauan pun semakin mudah dilakukan. Pemerintah juga semakin mudah menyebarkan bantuan bagi para petani dengan cara yang lebih efisien. Selain itu, penerimanya juga bisa lebih tepat sasaran. 

Baca juga: Cara Memasukkan Kartu ATM BRI

Manfaat Menggunakan SIMPI BRI 

Sebagian besar petani, mungkin termasuk Anda mungkin kurang bisa menerima penggunaan SIMPI BRI. Apalagi, menggunakannya untuk cara cek kuota SIMPI BRI karena mungkin kurang familiar dengan sistemnya. 

Padahal, seperti yang disebutkan sebelumnya, sistem ini memberikan banyak keuntungan. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan SIMPI BRI. 

  • Petani dapat memperoleh asuransi dari Bank BRI. 
  • Jaminan atas tanah yang digarap jika mengalami kegagalan panen. 
  • Lebih mudah mengajukan pembiayaan KUR. 
  • Menjadi kartu identitas resmi bagi para petani. 
  • Lebih mudah melakukan penjualan panen. 
  • Dapat digunakan untuk transaksi seperti membeli, membayar, bahkan transfer uang. 
  • Mendapatkan jatah subsidi dan sarana produksi dengan lebih pasti. 
  • Memastikan petani mendapatkan jatah pupuk subsidi sesuai dengan kebutuhannya. 

Manfaat-manfaat di atas hanya bisa didapatkan jika Anda memiliki SIMPI BRI dan menjadi nasabah bank tersebut. Karena itu, tidak perlu takut dengan perubahan dan modernisasi yang ada karena bisa sangat bermanfaat. 

Syarat Mendaftar di Program SIMPI BRI 

Sebelum bisa menggunakan layanannya secara bebas, Anda sebagai petani harus mendaftar terlebih dahulu. Ternyata, program dan penggunaan syarat ini memiliki persyaratan tertentu. Banyak petani yang tidak mengetahui syarat apa yang harus dipenuhi. 

Agar pendaftaran bisa berjalan lancar dan tidak ditolak. Berikut adalah berbagai syarat untuk mendaftar SIMPI BRI. 

  • Nasabah BRI adalah seorang petani yang tergabung dalam kelompok tani. 
  • Mengumpulkan fotokopi e-KTP. 
  • Mengumpulkan fotokopi tanda kepemilikan tanah. 
  • Membuktikan setoran pajak tanah atau bukti sewa, bisa juga bukti anggota LMDH untuk tanah hutan. 
  • Memberikan izin pada petugas penyuluh agar bisa melakukan pendataan dan verifikasi langsung di lapangan atau lahan. 
  • Bersedia data yang didapatkan diupload dan dimasukkan sebagai data di dalam sistem SIMPI BRI. 

Jika ada persyaratan yang tidak bisa dipenuhi di atas, maka sayang sekali para petani akan ditolak pendaftarannya. Namun, setiap petani bisa mendaftar lagi jika sudah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. 

Baca juga: Kode Transfer BRI ke BSI

Cara Daftar SIMPI BRI 

Setelah mengetahui syaratnya, untuk melakukan cara cek kuota pupuk subsidi. Para petani perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jika sudah memenuhi syarat yang disebutkan di atas, maka pendaftaran akan mudah dilakukan. 

Berikut adalah cara untuk mendaftar SIMPI BRI. JIka para petani berminat untuk menjadi bagian dari sistem ini dan mengakses bantuan pupuk subsidi : 

  • Bawa dokumen yang disebutkan di syarat di atas ke BRI Unit Desa. 
  • Temui petugas yang ada dan beritahu maksud pendaftaran SIMPI BRI Anda. 
  • Tunjukkan KTP Asli sebelum memberikan data fotokopinya. 
  • Jawab pertanyaan dari para petugas untuk proses verifikasi. 
  • Jika sudah, maka petugas akan memproses pembuatan kartu tani dan rekening BRI jika petani belum memiliki. 
  • Jika sudah selesai, petugas akan langsung memberikan kartu tani berikut dengan buku tabungan BRI jika membuat rekening juga. 

Kartu tani akan langsung aktif dan Anda sudah bisa mengakses program SIMPI BRI. Tidak perlu verifikasi ulang untuk mengaksesnya. Jika masih bingung, Anda bisa menanyakan informasi lebih lanjut langsung pada para petugas. 

Cara Login SIMPI BRI

Sudah memenuhi syarat daftar dan memiliki akun yang aktif, maka selanjutnya para nasabah tinggal login pada database SIMPI BRI saja. Cara loginnya pun sangat mudah, tentu saja para petani harus memiliki perangkat yang tersambung dengan jaringan internet untuk melakukan akses di bawah ini : 

  • Buka browser yang ada di perangkat. 
  • Buka alamat link simpi.bri.co.id. 
  • Login dengan menggunakan user id dan password yang dimiliki. 
  • Kemudian, klik login pada tampilan utama. 

Setelah sampai di halaman login, Anda bebas mengakses berbagai layanannya. Termasuk, layanan cara cek kuota SIMPI BRI untuk ketersediaan pupuk subsidi. Dengan begitu, Anda bisa memastikan jatah pupuk subsidi Anda. 

Baca juga: Cara Transfer BRI Ke BSI

Cara Cek Kuota SIMPI BRI untuk Pupuk Subsidi 

Salah satu fitur dan layanan andalan dari SIMPI BRI adalah untuk mengecek ketersediaan pupuk subsidi. Berikut adalah cara untuk memanfaatkan sistem ini, agar para petani mengetahui kuota yang ada untuk pupuk subsidi:

  • Login pada layanan SIMPI dengan cara yang dijelaskan di atas. 
  • Pada tampilan utama klik menu ‘Informasi Kuota Petani’.
  • Kemudian, masukkan informasi ‘Nomor Kartu Tani’.
  • Lalu, tunggu sebentar sampai data muncul di layar. 

Tidak lama kemudian, informasi kuota dan alokasi pupuk subsidi akan muncul pada layar. Anda bisa mencatatnya ada memfoto layar. Dengan begitu, informasi akan lebih mudah diakses lagi. 

Informasi di atas lengkap dari pengertian, manfaat, syarat, sampai dengan cara cek kuota SIMPI BRI. Penting bagi para petani untuk mengetahui informasi di atas. Dengan begitu, para petani bisa lebih memaksimalkan layanan yang diberikan.

Tidak ada komentar