Mandiri Perbankan

Posisi Memasukan Kartu ATM Mandiri di Mesin ATM Yang Benar

April 05, 2023
0 Komentar
Beranda
Mandiri
Perbankan
Posisi Memasukan Kartu ATM Mandiri di Mesin ATM Yang Benar

Anda masih pemula dalam hal menggunakan kartu ATM terutama kartu ATM? Kini Anda berada di artikel yang tepat. Simak ulasannya dan temukan jawaban mengenai posisi memasukan kartu ATM Mandiri yang benar serta cara mengambil uang di mesin ATM yang tepat.

Mengenal Mandiri Banking

Menurutkan Wikipedia, Mandiri Banking atau nama resminya adalah PT Bank Mandiri Tbk ialah instansi atau lembaga perbankan yang berada di bawah naungan BUMN Badan Usaha Milik Negara Indonesia.

Seperti perbankan pada umumnya yang menyedikan berbagai jenis jasa keuangan untuk melayani masyarakat. Bank yang berdiri di tahun 1998 ini memiliki kantor yang berpusat di Jakarta. Mandiri dikenal sebagai bank terbesar di Indonesia baik dari segi jumlah aset hingga penyebarannya.

Untuk memberikan kemudahan kepada nasabahnya dalam melakukan transaksi secara bebas kapan dan di manapun, maka Mandiri menyediakan kartu ATM. Tentu dalam menggunakannya Anda harus tahu posisi yang benar dan tepat.

Baca juga: Contoh Nomor Rekening Bank Jatim

Posisi Memasukan Kartu ATM Mandiri yang Benar dan Tepat

Posisi kartu ATM menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan transaksi atau kegiatan lainnya di unit ATM berjalan dengan baik. maka dari itu, sangat penting para pengguna ATM untuk memahami posisi kartu ATM yang benar.

Setidaknya para pengguna ATM yang hendak mengoperasikan kartu ATMnya di mesin ATM menyimak dan memahami petunjuk posisi yang biasanya diberikan di dalam unit ATM yang terletak pada informasi stiker atau gambar yang dekat dengan lubang kartu ATM.

Hampir semua bank memiliki peraturan memasukan kartu ATM yang sama dengan posisi kartu ATM lainnya saat melakukan transaksi di mesin ATM.

Lebih jelasnya tentang posisi tentang posisi kartu ATM Mandiri termasuk posisi memasukan kartu ATM Mandiri silver dan posisi memasukan kartu ATM Mandiri gold adalah sebagai berikut ini:

  • Gambar posisi ATM yang benar ialah garis hitam atau istilahnya Magnetic stripe letaknya ada di posisi bawah.
  • Gambar garis hitam atau istilahnya Magnetic stripe letaknya berada disebelah kanan.
  • Kemudian logo bank berada di bagian posisi atas di depan samping kanan.
  • Gambar logo jenis jaringan berada di posisi atas samping kiri.
  • Posisi kartu yang bergambar chip berada di bagian atas dan bagian depan.
  • Lebih detailnya, bisa Anda lihat gambar posisi kartu ATM yang benar di gambar utama di atas.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa setiap bank memiliki peraturan yang sama, jadi rincian di atas dapat Anda gunakan juga untuk cara memasukan kartu ATM BNI.

Baca juga: Contoh mToken Bri

Cara Memasukan ATM yang Benar dan Tepat

Selain dengan memahami rincian di atas, Anda pun perlu tahu mengenai cara memasukan ATM yang benar dan tepat. Lebih jelasnya bisa Anda simak di bawah ini:

  • Pertama pastikan posisi kartu ATM yang Anda masukkan adalah benar yakni dengan posisi garis hitam ada di bagian bawah samping kanan.
  • Kemudian lagian bagian atas, pastikan logo Bank Mandiri ada di bagian posisi depan.
  • Perlu Anda ketahui, ketikan posisi kartu salah maka mesin tidak akan menarik kartu.
  • Masukkan kartu setelah 2 poin selesai.
  • Mesin ATM mungkin error atau tidak dilengkapi dengan sensor pengenal kartu jika pada kenyataannya kartu ATM tertelan saat Anda memasukan kartu ATM terbalik.

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Setelah mengenali bagaimana cara posisi yang benar memasukan kartu Mandiri, Anda pun perlu tahu tentang cara mengambil uang di ATM Mandiri yang benar untuk Anda ikuti.

Di mana langkah-langkah pengambilan uang di ATM Mandiri menggunakan kartu ATM adalah sebagai berikut ini:

  • Pertama Anda harus mengunjungi lokasi mesin ATM terdekat atau kantor cabang terdekat yang sudah pasti memiliki mesin ATM.
  • Kemudian pilihlah mesin ATM dengan nominal Rp 50.000 atau Rp100.000 di bagian luar-nya.
  • Selanjutnya silahkan masukkan kartu ATM Mandiri dengan posisi yang benar seperti yang telah dijelaskan atau mengikuti petunjuk di mesin ATMnya.
  • Kemudian pilih bahasa yang Anda kuasai, terdapat dua pilihan bahasa yakni bahasa Indonesia atau Inggris.
  • Kemudian silahkan masukkan PIN ATM dengan benar, jangan sampai salah apalagi sampai membuat 3 kali kesalahan yang membuat kartu ATM Mandiri milik Anda terblokir.
  • Selanjutnya klik menu tarik tunai.
  • Kemudian Anda bisa memilih nominal uang atau jika tidak terdapat pilihannya, silahkan masukan nominal uang yang ingin diambil.
  • Kemudian Anda bisa menunggu proses uang tersebut keluar dari mesin, dan ambil.
  • Jika sudah selesai pengambilan uang, jangan lupa untuk ambil Kartu ATM Mandiri dan simpan dengan benar dan tepat sesuai arahan.

Meski uang sudah terambil jangan lewatkan untuk melakukan pengecekan kembali jumlah uang tersebut apakah sesuai dengan nominal yang Anda masukkan?

Setelah melakukan langkah tersebut dan Anda akan berhasil melakukan penarikan, jika terjadi masalah mengenai jumlah uang yang tidak sesuai hubungi pihak berwajib.

Baca juga: Bank Woori Saudara: Daftar Kode dan Cara Transfernya

Risiko Masalah Memasukan Kartu ATM

Pada kenyataannya meskipun Anda memasukan kartu ATM dengan posisi yang benar, pasti akan ada kemungkinan di mana Anda akan mengalami kendala atau masalah di saat memasukan di mesin ATM. Yang mana dirangkum dalam berikut ini:

1. Kartu ATM yang Tidak Bisa Masuk

Kendala yang mungkin terjadi pada Anda ialah kartu ATM yang tidak bisa masuk ke mesin ATM. Hal ini biasanya terjadi ketika strip magnetic yang berwarna hitam pada ATM sudah lecet atau rusak karena tergores atau karena ATM tersebut sudah kadaluarsa. Meski demikian di sejumlah kasus kartu ATM yang habis masa kadaluarsa atau masa berlaku, kartu tersebut akan tertelan.

2. Kartu ATM yang Tertelan

ATM tertelan menjadi salah satu masalah yang cukup umum dialami oleh para pengguna ATM. Meski demikian, Anda tidak perlu terlalu cemas.

Langkah awal yang dahulu lakukan saat hal tersebut terjadi, Anda harus memblokir rekening tabungan terlebih dahulu, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti serangan curian uang tabungan yang bisa saja terjadi.

Melalui Call Center atau aplikasi Bank terkait, Anda bisa memblokir rekening, kemudian silahkan datang ke kantor Bank terdekat dengan membawa KTP dan buku tabungan untuk mengajukan masalah tersebut.

Namun kini ada sejumlah kasus ATM tertelan yang tidak mengharuskan nasabah memblokir rekening, sebab biasanya petugas Bank di kantor cabang terdekat akan membantu mengembalikan kartu ATM yang tertelan saat mengisi saldo di mesin ATM dan nasabah bisa mengambilnya di bank terkait.

3. Memasukkan ATM Terbalik dengan Tidak Sengaja

Ada waktu-waktu di mana Anda ceroboh dalam memasukan kartu ATM secara terbalik. Meski demikian Anda tidak perlu khawatir mesin ATM yang beroperasi dengan benar dan dilengkapi dengan sensor akan secara otomatis menolak kartu ATM.

Setidaknya itulah masalah yang paling umum terjadi saat Anda memasukan kartu ATM di mesin ATM.

Kini dengan mengetahui Posisi Memasukan Kartu ATM Mandiri yang benar, Anda akan terhindar dari masalah yang berisiko tinggi.

Tidak ada komentar