BNI Perbankan

11+ Penyebab Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan yang Bikin Panik

Maret 16, 2024
0 Komentar
Beranda
BNI
Perbankan
11+ Penyebab Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan yang Bikin Panik

Kartu atm BNI tidak bisa digunakan tentunya akan membuat panik bagi banyak. Terlebih lagi untuk pihak dengan mobilitas aktivitas perbankan yang cukup tinggi. Pasalnya beberapa transaksi jadi tidak bisa dilakukan. Akibatnya Anda harus menunda transaksi tersebut sampai kartu ATM Bank BNI bisa digunakan kembali.

Bagi sebagian orang hal tersebut mungkin tidak menjadi masalah. Namun akan berbeda apabila Anda sering menggunakan kartu ATM untuk berbagai macam transaksi. Satu transaksi yang tertunda saja mungkin saja akan menimbulkan kerugian yang cukup besar. Oleh sebab itu ketahui terlebih dahulu penyebab kartu ATM tidak bisa digunakan sehingga Anda bisa mencegahnya.

Penyebab Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan

Ketika kartu ATM tidak bisa digunakan maka ada beberapa penyebabnya. Panik boleh namun sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab tersebut agar bisa mendapatkan solusi yang paling.  Selain itu Anda juga bisa melakukan beberapa hal untuk mencegahnya kemungkinan kartu ATM tidak bisa digunakan dapat dihindari. Berikut beberapa penyebab tersebut. 

1. Salah Memasukkan Kata Sandi atau Pin ATM

Selalu ada alasan mengapa kartu ATM tidak bisa digunakan. Alasan atau penyebab pertamanya adalah karena Anda salah memasukkan kata sandi. Entah karena lupa atau hal lainya. Sebagai gambaran singkat seperti ini misalnya Anda sedang melakukan transaksi debet atau mengambil uang di ATM. 

Namun secara tidak sadar salah memasukkan pin. atau password ATM tersebut. Apabila masih salah satu kali memasukkan pin maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Lain halnya ketika anda salah memasukkan password atau pin ATM sebanyak 3 kali. Jika anda melakukannya maka salah satu akibat yang akan dirasakan adalah kartu ATM terblokir sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Baca juga: Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BRI

2. Kartu ATM BNI Rusak

Penyebab lain mengapa kartu ATM BNI tidak bisa digunakan adalah karena ATM tersebut rusak. Pada kartu ATM biasanya terdapat chip. Biasanya chip tersebut juga bisa mengalami kerusakan apabila digunakan untuk melakukan berbagai transaksi dalam jumlah yang banyak. Kerusakan pada chip ini bisa dengan jelas terlihat apabila anda memperhatikan bagian-magnetik atau chip yang digunakan.

3. Indikasi Transaksi Mencurigakan

Tahukah Anda bahwasanya bank dapat mendeteksi tentang aktivitas yang Anda lakukan pada kartu ATM. Bisa saja kartu ATM yang Anda gunakan diblokir sementara oleh pihak bank dikarenakan melakukan transaksi yang dirasa cukup mencurigakan. Dengan kata lain bahwasanya ATM BNI tidak bisa digunakan penyalahgunaan kartu.

Meskipun sudah diblokir sementara Anda tidak perlu merasa khawatir ya. Pasalnya hal tersebut bisa diatasi dengan berkunjung ke bank BNI terdekat. Anda bisa menanyakan kepada CS atau pegawai BNI terkait dengan aktivitas tersebut. Sehingga nantinya akan mempermudah untuk melakukan pengecekan secara langsung serta memastikan bahwasanya Anda memang tidak melakukan transaksi mencurigakan.

4. Salah Memasukan Informasi

Kesalahan memasukkan informasi bisa saja terjadi ketika Anda melakukan aktivitas belanja. Misalnya saja pihak toko salah memasukkan jumlah belanjaan melebihi saldo ATM. Jika terjadi hal tersebut meskipun anda sudah memasukkan PIN secara benar maka kartu ATM BNI tetap saja tidak bisa digunakan. Pasalnya saldo yang anda miliki tidak mencukupi untuk melakukan transaksi tersebut. 

5. Terlalu Banyak Memasukkan Pin yang Salah

Seperti penjelasan yang telah disebutkan tadi bahwasanya memasukkan PIN yang salah akan menjadikan salah satu penyebab kerusakan pada kartu ATM BNI. Jika sekali atau dua kali salah memasukkan PIN hal ini tidak akan menjadi masalah yang besar. Namun Apabila anda mencoba memasukkan PIN yang salah selama beberapa kali maka bisa jadi kartu akan diblokir dan rusak.

Sebab Anda terindikasi melakukan transaksi atau aktivitas yang mencurigakan. Sehingga pihak bank akan segera melakukan antisipasi untuk menjaga keamanan kartu tersebut. Cara untuk mengembalikan kartu ATM Bank BNI yang tidak bisa digunakan adalah dengan berkonsultasi secara langsung ke kantor BNI terdekat. Jangan lupa untuk untuk membawa dokumen persyaratan dalam proses buka blokir.

Baca juga: Posisi Memasukan Kartu ATM Mandiri

7. Mencapai Batas Transaksi Harian

Beberapa jenis kartu ATM yang berasal dari bank biasanya akan mempunyai deskripsi berbeda-beda. Hal tersebut akan bergantung pada jenis kartu yang Anda pilih sebelumnya. Penyebab kartu ATM Bank BNI tidak bisa digunakan selanjutnya adalah Anda sudah mencapai batas maksimal.  

Pembatasan transaksi tersebut tentunya bertujuan untuk menjaga keamanan serta menghindari kegiatan yang bertujuan jahat. Jadi apabila ingin kartu tetap bisa digunakan sebaiknya jangan melebihi batas transaksi maksimal harian.

8. Kartu Kadaluarsa

Meskipun sering digunakan tentunya kartu ATM memiliki masa kadaluarsa. Mungkin hal ini akan terasa sedikit mengejutkan bukan? Kartu ATM yang sudah kehabisan masa berlaku atau lewat dari masa kadaluarsa tidak bisa digunakan lagi. Sehingga untuk melakukan berbagai macam transaksi selanjutnya Anda diperlukan untuk mengganti dengan kartu ATM baru.

9. Saldo Tidak Cukup

Hal lain yang bisa menjadikan penyebab kartu ATM pada bank BNI tidak bisa digunakan adalah karena saldo di dalamnya tidak mencukupi. Misalnya saja sebelum melakukan pengambilan uang di ATM Anda tidak melihat saldo yang dimiliki. Kemudian memasukkan jumlah nominal uang yang hendak diambil. 

Apabila jumlah nominal uang yang hendak diambil melebihi saldo saat itu, maka secara otomatis kartu ATM tidak bisa digunakan untuk transaksi tersebut. Oleh sebab itu untuk melakukan transaksi perbankan menggunakan ATM sebaiknya cek terlebih dahulu saldo yang dimiliki.

10. Kartu ATM Belum Diaktifkan

Apabila saat ini merupakan kali pertama menggunakan kartu ATM mungkin akan sedikit merepotkan. Bahkan mungkin saja Anda akan mengalami kendala kartu ATM BNI tidak bisa digunakan. Jika memang terjadi hal tersebut maka tidak perlu merasa khawatir pasalnya salah satu penyebabnya adalah Anda belum mengaktifkan kartu ATM. Oleh sebab itu sebaiknya segera aktifkan kartu tersebut sehingga nantinya bisa digunakan kembali.

Baca juga: Contoh Nomor Rekening Bank Jatim

11. Tidak Berlaku Pada Negara Tertentu

Apabila anda sedang jauh dan sedang pergi ke luar negeri Mungkin saja akan terjadi secara tiba-tiba kartu ATM tidak dapat digunakan. Apabila mengalami hal serupa maka cobalah untuk memeriksa kartu ATM tersebut. Pasalnya ada beberapa negara tertentu yang tidak memberlakukan ATM Indonesia.

12. Toko Tidak Menerima Pembayaran Debit

Penyebab terakhir mengapa kartu ATM tidak dapat digunakan adalah karena tidak menerima pembayaran secara debit. Pasalnya ada beberapa jenis kartu yang memang tidak bisa digunakan pada beberapa jenis toko. Seperti diantaranya adalah kartu Visa Maestro serta MasterCard. Akan ada kemungkinan kartu tersebut tidak cocok ketika melakukan transaksi. 

Kemungkinan kartu ATM BNI tidak bisa digunakan bisa terjadi kapan saja. Namun ketika anda telah mengetahui beberapa penyebab kartu ATM BNI baru tidak bisa digunakan dan kartu lama maka hal tersebut tidak akan cukup membuat panik atau khawatir. Sebab nantinya Anda akan bisa segera menemukan solusi yang paling tepat untuk menyelesaikannya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar