BSI Perbankan

Cara Setoran Tunai BSI dengan Mudah dan Praktis

Maret 19, 2024
0 Komentar
Beranda
BSI
Perbankan
Cara Setoran Tunai BSI dengan Mudah dan Praktis

BSI merupakan kepanjangan dari Bank Syariah Indonesia. Meskipun bersifat syariah, tapi BSI juga memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan cara setoran tunai BSI yang sederhana dan bisa dilakukan secara mandiri.

Mengenal BSI

Bank Syariah Indonesia adalah unit perbankan yang bergerak dalam bidang keuangan syariah. Bank ini resmi pada 1 Februari 2021 lalu. Secara sederhana, Anda bisa mendefinisikan BSI sebagai gabungan antara bank BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri.

Layaknya bank lain, BSI juga menawarkan aneka layanan. Berikut sejumlah layanannya.

  1. Pengalaman perbankan yang nyaman untuk kebutuhan individu
  2. Kemudahan transaksi layanan bagi perusahaan
  3. Digital banking yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan modernisasi
  4. Aneka fasilitas kartu debit dan kredit dengan limit bervariasi

Keuntungan BSI

Saat ini, sudah banyak masyarakat yang memilih menggunakan BSI dibandingkan dengan bank konvensional. Mengapa demikian? Tentu hal ini tidak terlepas dari keuntungan yang akan Anda dapatkan bila menggunakan Bank Syariah Indonesia, seperti: 

1. Sistem Bagi Hasil 

Dalam urusan perbankan konvensional, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah bunga. Sistem bunga ini tidak diterapkan di BSI, melainkan sistem bagi hasil. Jadi, nanti keuntungan yang Anda dapatkan akan dihitung berdasarkan pendapatan bank.

Bila pendapatan bank meningkat, maka nasabah juga akan mendapatkan hasilnya. Hal ini berbeda dengan sistem bunga bank konvensional yang sifatnya tetap. Sistem bagi hasil ini juga bisa meminimalisir resiko riba.

Baca juga: Tabel Pinjaman KUR BRI

2. Fasilitas Internet Banking

Sudah tahun 2023 bukan lagi zamannya menggunakan alat bank tradisional. Layaknya bank konvensional, BSI juga menawarkan fasilitas internet banking yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun. Fasilitas internet banking ini bisa Anda gunakan untuk mengirim uang, membayar tagihan, atau transaksi lainnya.

Anda cukup mengunduh aplikasinya saja dari PlayStore maupun AppStore. Kemudian, lakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk aplikasi. Fasilitas ini tentu akan memudahkan nasabah di era digital sekarang ini.

3. Bebas Biaya Administrasi

Berkaitan dengan cara setoran tunai BSI, Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya administrasi. BSI tidak akan membebani Anda dengan biaya bulanan maupun administrasi untuk berbagai transaksi. Tentu hal ini akan menjadi poin plus bagi Anda yang ingin menabung.

4. Banyak Produk Unik

Rata-rata bank konvensional menawarkan layanan yang sama. Bila Anda menginginkan sesuatu yang beda, maka Anda bisa beralih ke BSI. Banyak produk menarik yang sesuai dengan kebutuhan islami.

Misalnya saja, Anda bisa memilih layanan tabungan haji jika hendak menabung untuk umrah. Atau bisa juga memilih layanan tabungan wakaf, kurban, atau deposito syariah. Berbagai layanan menarik ini akan sangat membantu Anda mencapai tujuan kehidupan yang lebih mulia.

5. Terjamin LPS

Anda tidak perlu mengkhawatirkan dana simpanan, karena sudah pasti aman. Segala transaksi atau kegiatan keuangan BSI berada di bawah pengawasan LPS. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir soal tabungan, giro, maupun deposito.

Selama Anda mengikuti peraturan yang berlaku dan tidak melakukan hal-hal yang melanggar otoritas BSI, maka segala transaksi Anda dijamin aman. Soal data pribadi juga akan aman karena BSI memiliki tim terkait.

Baca juga: Cara Transfer BSI ke DANA

Limit dan Biaya Setor Tunai BSI

Setiap bank tentu memiliki ketentuan tersendiri terkait cara setoran tunai BSI. Biasanya, ada biaya dan limit yang harus Anda perhatikan. Namun, karena BSI bersifat syariah dan tidak menimbulkan riba, maka tidak ada biaya yang dipungut. Hanya ada ketentuan limitnya sebagai berikut.

Kartu Debit GPN

  • Silver : Rp15 juta per hari
  • Simpel : Rp15 juta per hari
  • Co Branding : Rp15 juta per hari
  • Tabunganku : Rp15 juta per hari
  • Gold : Rp30 juta per hari
  • Platinum : Rp45 juta per hari

Kartu Debit Visa

  • Priority : Rp45 juta per hari
  • Platinum : Rp45 juta per hari
  • Gold : Rp30 juta per hari
  • Silver : Rp15 juta per hari

Syarat Setor Tunai BSI

Sebelum mengetahui cara setoran tunai BSI, Anda harus memenuhi sejumlah persyaratan terlebih dahulu. Aktivitas setor tunai membutuhkan ATM dan beberapa hal lainnya. Persyaratan setor tunai BSI secara umum adalah sebagai berikut.

  • Pastikan Anda adalah nasabah BSI yang memiliki kartu ATM
  • Siapkan uang pecahan Rp100.000 atau Rp50.000. Ingat, mesin ATM BSI tidak menerima pecahan Rp75.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp20.000, dan lainnya
  • Periksa kondisi uang terlebih dahulu sebelum melakukan penyetoran. Pastikan uang bersih, mulus, dan tidak ada kerusakan
  • Anda tidak bisa menyetor uang yang dilipat, basah, disolasi, atau distaples
  • Perhatikan limit setoran, biasanya Anda mendapat kesempatan untuk menyetor maksimal 50 lembar uang

Cara Setoran Tunai BSI

Layanan setor tunai BSI kini hadir untuk memudahkan setiap nasabah yang ingin menambah saldo tabungan. Setor tunai sendiri artinya menyetor sejumlah uang agar beralih ke rekening digital. Berikut cara setor tunai BSI.

1. Melalui Mesin ATM

Cara paling umum yang masyarakat ketahui adalah melalui mesin ATM terdekat. Anda bisa mencari mesin ATM BSI paling dekat dengan lokasi Anda. Kemudian, ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Masukan kartu ATM, lalu masukan PIN
  • Selanjutnya, pilih menu Setor Tunai dan pilih rekening tujuan. Anda bisa menyetor tunai ke rekening sendiri maupun rekening orang lain
  • Jika ingin menyetor uang ke rekening sendiri, maka pilih Rekening Sendiri
  • Kemudian, masukan uang yang hendak disetor ke dalam mesin. Pastikan uang dalam keadaan layak dan sudah memenuhi persyaratan
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul jumlah yang
  • Jika sudah sesuai, maka akan muncul jumlah uangnya. Namun, jika tidak ada artinya uang akan keluar lagi dari mesin ATM
  • Bila Anda sudah yakin dengan jumlah uangnya, maka Anda bisa pilih Setor
  • Akan muncul halaman konfirmasi, jumlah setor, dan nomor rekeningnya
  • Pilih Setor lagi dan tunggu beberapa saat sampai prosesnya berhasil

2. Webform BSI

Menyetor uang tunai juga bisa Anda lakukan secara tradisional dengan datang ke bank BSI terdekat. Namun, sebelum itu, Anda bisa melakukan reservasi online melalui webform BSI. Tentu ini akan memudahkan Anda dan meminimalisir waktu Anda dalam menunggu.

Anda bisa mengunjungi situs webform.bankbsi.co.id, lalu isi data setor tunai yang ada. Pastikan Anda mengisi form dengan benar dan sejujur-jujurnya. Jika sudah, Anda akan mendapat nomor reservasi di bank BSI. 

Perlu Anda ketahui, nomor reservasi ini masa berlakunya hanya 24 jam. Jadi, sebenarnya metode ini sama saja dengan menyetor tunai secara langsung di bank, hanya saja reservasinya lewat webform.

3. Kantor BSI

Kedua cara di atas memang harus Anda lakukan secara mandiri. Bagi sebagian orang, mungkin cara tersebut terbilang sulit. Jangan khawatir, ada alternatif lain. Anda bisa menyetor uang tunai secara langsung melalui kantor cabang BSI terdekat. 

Untuk menyetor tunai secara langsung, Anda perlu membawa persyaratan tambahan. Misalnya, buku tabungan dan KTP. Setelah itu, Anda bisa langsung mengikuti petunjuk dan arahan dari petugas setor tunai.

Ternyata, cara setoran tunai BSI sangat mudah. Namun, jika Anda menemui kendala, Anda bisa langsung menghubungi call center BSI. Jangan khawatir, BSI memiliki call center yang ramah dan beroperasi selama 24 jam penuh.

Tidak ada komentar