BRI Perbankan

6 Cara Mengecek Tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar Tanpa Ribet

Maret 14, 2024
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
6 Cara Mengecek Tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar Tanpa Ribet

Benarkah cara mengecek tabungan BRI simpel simpanan pelajar mudah dan anti ribet? Selama ini tabungan Simpel memang bisa dicek dengan berbagai cara. Pertama, datang langsung ke Kantor Cabang BRI atau sekolah untuk cek simpanan pelajar BRI.

Kedua, menggunakan simpanan dengan cara lebih simpel, yaitu melalui HP. Untuk yang belum tahu, Bank BRI memberikan kemudahan fasilitas pengecekan dengan 4 pilihan cara. Semua mudah dan bisa dilakukan dimanapun, kapanpun hanya dengan HP saja. Yuk simak pembahasan di bawah:

Apa Itu Tabungan Simpanan Pelajar BRI?

Tabungan simpanan pelajar BRI atau Simpel, merupakan salah satu jenis tabungan BRI yang diperuntukan khusus untuk pelajar Indonesia. Jenis tabungan ini sebenarnya merupakan bentuk sarana edukasi Bank BRI agar minat menabung bisa tumbuh didalam diri pelajar sejak dini. 

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa BRI membuka kesempatan lebar bagi semua pelajar untuk mendaftar tanpa memberikan biaya administrasi apapun atau gratis. Untuk kelas pelajar, setoran awal pun dibuat sangat ringan, yaitu Rp5000 saja. 

Di sini pelajar hanya harus memenuhi persyaratan pendaftaran membuka rekening tabungan BRI simpanan pelajar, di antaranya:

  1. Membawa Kartu Pelajar atau Surat Keterangan Sekolah yang mencantumkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) atau Nomor Induk Siswa (NIS)
  2. Membawa fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi Akta Lahir
  4. Berkas Kartu Tanda Penduduk (KTP) wali yang difotokopi
  5. Membawa formulir Aplikasi Pembukaan Rekening
  6. Terakhir, membawa formulir Tambahan Pembukaan Rekening yang berisi persetujuan orang tua.

Pentingkah Pelajar Memiliki Tabungan Simpel BRI?

Sebagai sarana edukasi, tabungan simpanan pelajar cukup penting diterapkan sebagai tameng anak agar mengerti bahwa kita perlu menyiapkan dana darurat untuk kepentingan masa depan. Selain itu, Tabungan Simpel juga penting dimiliki untuk melengkapi Program Indonesia Pintar dari Pemerintah.

Pasalnya selama ini, Program Indonesia Pintar memang diberikan kepada pelajar melalui rekening tabungan Simpel. Dan rekening ini merupakan sarana pelajar untuk memantau apakah dana PIP telah masuk dalam tabungan atau belum. Manfaat lain dari Tabungan Simpel ini, yaitu:

  • Program Tabungan Simpel memungkinkan pelajar menabung tanpa dikenakan biaya administrasi bulanan.
  • Memperoleh premi asuransi dari Bank BRI secara langsung.

Syarat Mengecek Tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara mengecek tabungan BRI simpel simpanan pelajar bisa dilakukan secara online maupun offline dengan sangat mudah. Anda hanya perlu memenuhi syarat pengecekan via yang dipilih karena keduanya memiliki syarat berbeda. Syarat yang dimaksud, yaitu:

Syarat Cek Tabungan Secara Online

Secara umum, tidak ada persyaratan khusus untuk melakukan pengecekan secara online. Anda hanya butuh melengkapi beberapa berkas seperti:

  • Tabungan BRI Simpel Simpanan pelajar yang masih aktif.
  • Nomor rekening BRI Simpanan Pelajar.
  • Nomor HP aktif yang telah terdaftar di Server BRI.

Memastikan bahwa Anda telah terdaftar di salah satu layanan BRI, yaitu: BRI Mobile atau BRImo, SMS Banking BRI, atau Internet Banking BRI.

Syarat Cek Tabungan Secara Offline

Meskipun terkesan lebih ribet dibandingkan pengecekan secara online, tetapi pengecekan tabungan simpanan pelajar secara offline justru memiliki syarat lebih simpel, yaitu:

  • Membawa buku tabungan BRI Simpanan Pelajar 
  • Memastikan data pelajar telah terdaftar di Server BRI

Cara Mengecek Tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar

Begitu memastikan semua syarat pengecekan lengkap, selanjutnya mari membahas mengenai bagaimana cara mengecek tabungan Simpel yang tidak ribet. Sudahkan tahu apa saja caranya? Berikut 4 cara cek tabungan simpel mudah yang bisa Anda pilih salah satu.

1. Cara Mengecek Tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar Via SMS Banking

Layanan SMS Banking bisa Anda pilih sebagai salah satu cara cek tabungan simpel BRI lewat HP yang praktis. Pasalnya, selain tidak mengharuskan untuk pergi ke konter cek tabungan, cara pertama ini juga tidak mewajibkan Anda untuk mendownload aplikasi apapun.

Lantas bagaimana langkah – langkahnya:

  • Buka Aplikasi Pesan SMS di HP
  • Ketik pesan khusus Cek Tabungan dengan format berisi: SALDO (spasi) Kata Sandi ATM BRI Simpel Simpanan Pelajar. Contoh: SALDO 176309
  • Selanjutnya kirim ke nomor 3300
  • Tunggu sampai proses pengiriman pesan berhasil dan mendapatkan balasan dari BRI Simpel.

2. Cara Mengecek Tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar Via Aplikasi BRI Mobile

Untuk Anda yang malas mengecek tabungan simpel dengan cara mengetik format pesan, via Aplikasi BRI Mobile bisa jadi alternatif. Tidak kalah mudah, Anda hanya perlu mengikuti semua langkah berikut:

  • Download dan Install Aplikasi BRI Mobile melalui Play Store.
  • Buka Aplikasi BRImo 
  • Selanjutnya login ke akun BRI Mobile dengan mengisi username dan kata sandi dengan benar.
  • Setelah dashboard tertampil, pilih menu berbentuk Mata yang terletak di pojok kiri atas
  • Terakhir pilih menu Rekening Lain jika tabungan BRI Simpel Anda bukan rekening utama.

3. Cara Mengecek Tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar Via Internet Banking

Fasilitas layanan yang juga bisa Anda manfaatkan untuk mengecek tabungan simpanan pelajar, yaitu Internet Banking. Setidaknya ada 5 langkah yang harus Anda lakukan untuk cek tabungan melalui Internet Banking ini, di antaranya:

  • Pertama kunjungi website resmi BRI di https://ib.bri.co.id/ib-bri/
  • Selanjutnya login ke akun BRI yang telah terdaftar. Disini pastikan isi username dan kata sandi BRI dengan benar.
  • Setelah proses masuk berhasil, Anda akan disuguhkan tampilan dashboard yang berisi menu. 
  • Pilih menu Rekening yang berada di pojok kiri atas.
  • Berikutnya pilih sub menu Saldo Tabungan.
  • Tunggu dan data saldo tabungan simpel Anda akan muncul di bagian bawah.

4. Cara Cek Tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar Via Call Center BRI

Cara terakhir cek tabungan simpanan pelajar ini diperuntukan untuk Anda yang belum terdaftar di layanan BRI yang telah disebutkan sebelumnya. Baik itu layanan SMS Banking BRI, BRImo, maupun Internet Banking. 

Sesuai namanya, cara ini bisa dilakukan dengan melakukan panggilan ke Call Center BRI di nomor 14017 atau 1500017. Dalam proses telpon nanti, sampaikan pada Customer Service mengenai tujuan pengecekan saldo Anda.

Caranya mudah, Anda tinggal menginformasikan nomor rekening simpanan pelajar kepada Customer Service. Dan nantinya Customer Service akan membantu pengecekan tabungan Simpanan pelajar Anda.

5. Cara Mengecek Tabungan Via Sekolah

Selain cara mandiri yang yang telah disebutkan diatas, untuk mengecek tabungan simpel simpanan pelajar tanpa ribet lainnya ialah dengan memanfaatkan bantuan dari Instasi terkait seperti sekolah misalnya. Biasanya tabungan semacam ini sudah terintegrasi dengan pihak sekolah sehingga anda bisa melakukannya pengecekan langsung dari pihak sekolah.

Jika anda bingung mungkin anda bisa menghubungi pihak wali kelas anda terlebih dahulu untuk memastikan petugas atau guru yang bertanggung jawab atas tabungan anda.

6. Melalui Kantor Cabang BRI

Pengecekan tabungan BRI Simpel Simpanan pelajar juga bisa anda lakukan secara langsung tatap muka dengan pihak bank. Anda hanya perlu mendatangi kantor cabang bank BRI terkait mengambil nomor antrian lalu menunggu sampai nomor antrian anda disebutkan.

Sebelum itu pastikan anda membawa beberapa dokumen terkait buku tabungan, kartu pelajar dan lain sebagainya yang digunakan untuk memverifikasi identitas anda nantinya.

Baca juga: Contoh Nomor Rekening BRI

Tarif Mengecek Tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar 

Pada dasarnya tidak ada biaya khusus yang dikenakan dalam pengecekan tabungan simpanan pelajar secara online. Namun untuk cara pengecekan seperti menggunakan Aplikasi BRImo, Anda harus memastikan HP memiliki data internet. 

Adapun tarif khusus biasanya akan dikenakan untuk Anda yang memilih menggunakan SMS Banking atau cek via telepon Call Center BRI. Tarif umumnya ditarik secara otomatis dari pulsa HP dengan nominal berbeda, tergantung operator kartu apa yang digunakan.

Setelah membaca ulasan di atas, masihkan memilih mengecek dengan cara datang ke Kantor Cabang BRI atau Sekolah? Sedangkan BRI sendiri telah memudahkan nasabah dengan memberikan berbagai cara mengecek tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar dengan versi lebih praktis. 

Tentunya dengan catatan, nasabah harus telah terdaftar di layanan BRI yang dimaksud. Jadi, segera lengkapi proses pendaftaran di setiap layanan BRI, agar semua aktivitas perbankan Anda menjadi semakin mudah.

Tidak ada komentar